Menu Makanan Penderita Diabetes

Bagi para penderita diabetes, selain fokus pada makanan yang harus dihindari, seperti mengurangi asupan nasi putih, membatasi gorengan, dan menghindari makanan berlemak, seharusnya juga mesti mengetahui makanan yang sebaiknya dikonsumsi.

Ahli nutrisi dan diabetes menganjurkan penderita diabetes untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi sehat seperti serat, omega-3, kalsium, dan vitamin D.

Berikut ini adalah beberapa makanan sehat untuk penderita diabetes yang harus diketahui :

1. Makanan yang banyak mengandung serat

Makanan yang banyak mengandung serat berasal dari buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan. Bisa dikonsumsi secara segar maupun diolah dengan pengolahan yang sederhana. Hindari makanan yang dimasak menggunakan minyak yang banyak atau bersantan.

a. Buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi sebagai makanan sehat untuk penderita diabetes antara lain buah alpukat, buah apel, jambu biji, buah Naga dan belimbing.
b. Sayur-sayuran segar yang baik sebagai makanan sehat untuk penderita diabetes antara lain bayam, buncis, kol, kapri, paprika, kacang panjang dan belimbing wuluh
c. Kacang-kacangan yang baik dimakan sebagai makanan sehat untuk diabetes antara lain kacang polong, oats dan kenari.

2. Makanan yang banyak mengandung protein.

Makanan yang mengandung protein tinggi namun rendah lemak, seperti susu, keju dan yogurt yang rendah lemak. Daging boleh dikonsumsi, hanya saja yang dimakan adalah bagian daging yang tidak mengandung lemak tinggi seperti bagian khas dalam dan luar.

Secara detail, jenis makanan sehat untuk penderita diabetes adalah sebagai berikut :

1. Kacang polong. Makanan ini sangat kaya akan serat sehingga dapat membuat Anda merasa cepat kenyang. Selain itu, kacang polong diyakini dapat menstabilkan kadar gula darah, bahkan menurunkan kolesterol. Kacang polong mengandung kalsium dan mineral yang dapat membantu membakar lemak tubuh, serta protein. Berbeda dengan sumber protein hewani, kacang polong rendah lemak jenuh. Lemak jenuh adalah lemak yang dapat menyumbat arteri dan memicu penyakit jantung.

2. Salmon. Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3. Tiga ons salmon mengandung omega 3 sekitar 1.800 mg. Jenis lemak sehat ini berfungsi mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan berat badan, mengurangi peradangan, serta memperbaiki resistensi insulin. Salmon juga kaya akan vitamin D.

3. Tuna. Sama seperti salmon, tuna juga merupakan jenis ikan sehat yang kaya akan lemak dan omega-3. Tiga ons tuna dapat menghasilkan 1.300 mg omega-3 dan sejumlah vitamin D.

4. Oats. Oats juga kaya serat. Setengah cangkir oats instan menyumbangkan 4 gram serat. Penelitian menunjukkan, pecinta oats bisa menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat LDL serta memperbaiki resistensi insulin. Kandungan serat dalam oats pun memperlambat proses pemecahan dan penyerapan karbohidrat sehingga kadar gula darah tetap stabil.

5. Biji rami. Biji ini kaya akan serat dan mengandung alpha-linolenic acid (ALA) yang akan diubah tubuh menjadi omega-3 EPA dan DHA. Beberapa studi besar telah menemukan hubungan antara peningkatan asupan ALA dengan penurunan penyakit jantung seperti serangan jantung, serta gangguan kardiovaskular lainnya. Biji berukuran kecil ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

6. Kenari. Satu ons atau sekitar tujuh butir kacang kenari mengandung dua gram serat dan sekitar dua gram ALA. Tetapi, jumlah tersebut juga menyumbangkan 186 kalori. Jadi, tetap perhatikan jumlah asupan jika Anda sedang menjaga berat badan.

7. Selai kacang. Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa selai kacang bisa mengurangi resiko diabetes. Kandungan serat di dalamnya turut berperan mengurangi resiko ini. Selain itu, selai kacang juga mengandung lemak tunggal tak jenuh yang sangat baik untuk kesehata jantung.

8. Bawang merah. Kandungan bawang merah memiliki kekuatan untuk menurunkan kadar gula darah dan dayanya dimiliki pada kadar yang ditemukan dalam makanan. Bawang merah baik berupa jus atau masih utuh mendapatkan bahwa makin banyak bawang merah yang diberikan, makin besar gula darah yang berkurang. Tidak ada perbedaan antara bawang merah mentah dan bawang merah yang telah direbus.

9. Wortel. Wortel banyak mengandung nutrisi, selain sangat bagus untuk dikonsumsi untuk kesehatan mata ternyata wortel menyimpan segudang manfaat. Tubuh membutuhkan beta karoten, dan wortel merupakan sayuran yang kaya akan kandungan zat ini. Jangan mengabaikan kebutuhan buah-buahan dan sayuran karena dapat menyebabkan masalah lain yang lebih besar.

10. Alpukat. Alpukat yang rendah karbohidrat dan mengandung lemak sehat dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2 pada wanita dan orang yang sudah memiliki resiko tinggi. Tingginya kadar vitamin E dalam alpukat juga meningkatan aksi insulin dengan menghambat pengikatan glukosa menjadi lipoprotein low density.

11. Tomat. Mengandung senyawa likopen, betakaroten, vitamin C dan A, yaitu anti oksidan yang meresap keseluruh tubuh untuk melawan dan menetralkan Radikal bebas yang merusak sel dan dinding sel. Sehingga tomat mampu mencegah kerusakan pembuluh darah, diabetes yang bersifat kompleks, asma dan kanker.

12. Stroberi. Stroberi memainkan peranan dalam diet orang yang menderita diabetes. American Diabetes Association menyebut buah berry termasuk stroberi sebagai ‘super food’ karena memiliki indeks glikemik rendah, yaitu 40 untuk 120 g stroberi. Stroberi juga mengandung banyak serat, nutrisi dan antioksidan. Makan stroberi juga dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung, resiko yang serius bagi penderita diabetes.

13. Kentang. Kentang merupakan makanan yang baik. Hanya saja berhati-hatilah jika Anda memakan kentang. Jangan sampai teman makan kentang merupakan makanan berkadar gula tinggi. Kentang merupakan makanan yag sempurna dan menyedikan banyak nutrisi yang dibutuhkan.

14. Apel. Enzim dalam apel mempengaruhi pencernaan karbohidrat, yang mengurangi penyerapan glukosa dalam saluran pencernaan dan merangsang pankreas untuk memproduksi lebih banyak insulin. Kondisi ini akan membantu Anda lebih menyeimbangkan kadar gula.

15. Zaitun. Minyak zaitun dapat memangkas jumlah kolesterol jahat, disamping trigliserida yang merupakan penyusun lemak tubuh. Pada gilirannya, hal ini dapat membantu menurunkan resiko berkembangnya penyakit tipe 2 yang dapat dikendalikan dengan melakukan perubahan menu makan dan cara hidup. Minyak zaitun dapat menurunkan tingkat gula darah Anda. Efek baiknya mungkin dari fakta bahwa minyak zaitun sebagian besar terdiri dari lemak tak jenuh tunggal. Jamu akar zaitun juga sebagai obat herbal diabetes melitus.

16. Jeruk Bali. Jeruk Bali memiliki indeks glikemik 25 per 120 gram, ini bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin, suatu fitur penting karena insulin membantu melepaskan gula ke dalam aliran darah dan secara langsung berdampak pada kadar gula darah. Jeruk Bali meningkatkan cadangan alkali dalam darah, yang dapat melawan tingkat keasaman diabetes pada penderita diabetes.

Cara Pemesanan Obat Diabetes

Obat Diabetes Tradisional, Herbal dan Alami Untuk, Membantu Pengobatan Penyakit Diabetes, Mengurangi Gejala Kencing Manis dan Membantu Menurunkan Gula Darah Tinggi

Harga Obat Diabetes

Obat Diabetes Herbal, Obat Diabetes Alami

Harga Obat Diabetes 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.145.000,-

 (Untuk Pemakaian 10-20 Hari)

Paket Hemat Obat Diabetes Tradisional dan Herbal

Paket HEMAT Setiap Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

Cara Pemesanan Cepat Obat Diabetes:

SMS ke 0818-0773-0772 , tuliskan : Pesan Diabsulin Obat Diabetes, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Berapa Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa

This entry was posted in Diabetes Melitus and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.