Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 disebut diabetes tergantung insulin atau diabetes juvenil, yang diderita oleh anak – anak dan remaja. Lebih jarang ditemukan dibandingkan dengan diabetes tipe 2

Penelitian WHO ( Badan Kesehatan Dunia ) menunjukkan pesatnya pertumbuhan penyakit diabetes tipe 1 di dunia. Hanya saja belum jelas apakah pertumbuhan ini dikarenakan cepatnya penyebaran penyakit, atau semakin banyaknya penderita yang telah terdiagnosa.

diabetes tipe 1

diabetes tipe 1

Apakah Diabetes Tipe 1 itu?

Diabetes adalah sebuah kondisi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Normalnya, kadar gula darah normal di kontrol oleh insulin, sebuah hormon yang dihasilkan oleh pankreas.

Pada diabetes tipe 1, sel pankreas yang menghasilkan insulin telah dihancurkan oleh sistem kekebalan tubuh sendiri – suatu reaksi yang dikenal dengan reaksi autoimun sehingga tubuh penderita dalam hal ini pankreas sama sekali tidak mengasilkan insulin.

Akibat kadar gula dalam darah meningkat, sel tubuh kekurangan energi sehingga akhirnya terjadi pembakaran lemak dan otot sebagai sumber energi alternatif dengan hasil akhir berupa keton. Adanya keton yang beredar dalam darah akan sangat membahayakan jiwa penderita diabetes 1.

Apakah penyebab Diabetes Tipe 1?

Penyebab diabetes tipe 1 belum diketahui secara pasti. Diperkirakan faktor penyebabnya merupakan kombinasi antara faktor genetik dan lingkungan. Para ahli telah menemukan beberapa jenis gen yang menjadi pemicu diabetes tipe 1. Selain itu faktor lingkungan seperti infeksi virus atau zat kimia bisa memicu rusaknya sel pankreas pada individu yang secara gen beresiko.

Tanda Tanda Diabetes Tipe 1 dan gejala Diabetes Tipe 1

Gejala – gejala dan tanda – tanda timbulnya penyakit diabetes tipe 1 munculnya secara tiba-tiba, misalnya :

  • Sering buang air kecil
  • Sering merasa haus
  • Sering merasa lelah
  • Pandangan kabur
  • Sering terjadi infeksi ( kulit, saluran kemih )
  • Berat badan turun
  • Nyeri perut, mual, muntah – muntah
  • Sesak nafas
  • Kesadaran menurun

Faktor resiko dari Diabetes Tipe 1

penyakit diabetes melitus tipe 1

penyakit diabetes melitus tipe 1

Riwayat kesehatan keluarga dengan diabetes tipe 1

Infeksi virus, gondongan atau campak, bisa menyebabkan reaksi imun dan bisa menghancurkan sel – sel yang memproduksi insulin.

Infeksi virus dalam masa kehamilan bisa meningkatkan resiko anak terkena diabetes tipe 1. Lebih dari 20 persen anak – anak yang terkena infeksi sewaktu berada dalam rahim ( bertular dari infeksi pada ibunya ), akan terkena diabetes tipe 1 dalam 5-20 tahun mendatang.

Sampai saat ini, faktor resiko yang memicu timbulnya diabetes tipe 1 tidak dapat diubah.

Perawatan untuk Diabetes Tipe 1

Perlu diberikan suntikan insulin tiap hari karena tubuh tidak bisa menghasilkan insulin. Pengaturan pola makan dan aktivitas fisik juga sangat penting guna membantu mengatur kadar gula darah.

Penderita diabetes harus menyeimbangkan jumlah insulin dengan makanan yang dimakan, agar kadar gula darah tetap berada pada batas normal. Tujuan penanganan diabetes tipe 1 adalah untuk mempertahankan kadar gula darah mendekati nilai normal, mengurangi atau setidaknya memperlambat timbulnya komplikasi serta mendeteksi sedini mungkin komplikasi yang terjadi

Karena perderita diabetes tipe 1 harus menggunakan insulin secara intensif maka pemantauan kadar gula darah secara rutin sangat diperlukan guna mencegah terjadinya hipoglikemi

Komplikasi Diabetes Tipe 1

Komplikasi yang paling sering ditemukan pada Diabetes Tipe 1 misalnya :

Retinopathy : kerusakan pembuluh darah mata, biasanya terjadi pada penderita diabetes tipe 1 dengan riwayat penyakit lebih dari 15 tahun, sangat jarang ditemukan pada penderita sebelum usia pubertas.

Nefropaty : kerusakan ginjal terjadi sekitar 20-30% pada penderita diabetes tipe 1 yang memiliki riwayat sekitar 15-25 tahun. Nefropaty jika tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan gagal ginjal dan gangguan jantung.

Gangguan aliran darah dan kerusakan saraf terutama pada kaki, hal ini dapat menyebabkan kaki lebih mudah mengalami cedera serta luka yang sulit sembuh sehingga penderita beresiko tinggi untuk diamputasi.

Penanganan dan pemantauan rutin yang tepat bagi penderita diabetes tipe 1 sangat diperlukan agar mereka dapat hidup layaknya orang normal dan kualitas hidup serta produktivitas penderita diabetes tipe 1 dapat dipertahankan.

Cara Pemesanan Obat Diabetes

Obat Diabetes Tradisional, Herbal dan Alami Untuk, Membantu Pengobatan Penyakit Diabetes, Mengurangi Gejala Kencing Manis dan Membantu Menurunkan Gula Darah Tinggi

Harga Obat Diabetes

Obat Diabetes Herbal, Obat Diabetes Alami

Harga Obat Diabetes 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.145.000,-

 (Untuk Pemakaian 10-20 Hari)

Paket Hemat Obat Diabetes Tradisional dan Herbal

Paket HEMAT Setiap Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

Cara Pemesanan Cepat Obat Diabetes:

SMS ke 0818-0773-0772 , tuliskan : Pesan Diabsulin Obat Diabetes, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Berapa Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa

This entry was posted in Diabetes Melitus and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.