Penyakit Diabetes Insipidus

Diabetes insipidus adalah penyakit yang ditandai dengan pengeluaran urin yang berlebih. Penyebab diabetes insipidus yaitu kekurangan ADH. Kurangnya ADH mengakibatkan peningkatan pengeluaran urin, peningkatan dehidrasi pada penderita, rasa haus terus-menerus dan tekanan darah rendah.

Diabetes diatasi dengan pemberian ADH sintetis melalui suntikan, dihirup atau tablet. Penyebab diabetes yaitu ketidakmampuan pankreas menghasilkan insulin. Hormon insulin merupakan hormon yang menurunkan kadar gula dalam darah. Secara normal, kadar yang tinggi dalam darah (misalnya sesudah makan) akan dinormalkan kembali oleh insulin.

diabetes insipidus

Cara mengatasi diabetes mellitus adalah dengan mengatur kadar gula dalam darah yaitu dengan olahraga, diet makanan untuk penderita diabetes suntikan hormon insulin atau meminum obat-obatan.

Diabetes insipidus dipakai untuk menjelaskan keadaan-keadaan di mana fungsi konservasi air oleh ginjal tidak memadai sehingga timbul poliuria dan perasaan haus sekunder, baik karena insufisensi vasopresin (diabets insipidus sentral), ataupun suatu keadaan ginjal yang tidak responsif terhadapa vasopresin (diabetes insipidus nefrogenik). Pada kedua keadaan ini, reabsorpsi air berkurang di sepanjang nefron distal, karena gerakan pasif air dari tubuli ke interstisium meduler bagian luar dan dalam yang hipertonik adalah lambat.

Meskipun kecepatan gerakan air keluar dari duktus kolektivus adalah lambat untuk perbedaan osmotik yang diberikan antara lumen tubulus dan cairan interstisial, cairan yang mencapai duktus koletivus sangat encer dan dalam volume yang sangat besar di mana jumlah air yang mencapai medula bagian dalam lebih banyak dari normal dan cairan-caoran dari medula terkikis ke dalam vasa rekta. Pembersihan tidak lengkap; meskipun pemberian vasopresin dapat membentuk air kemih yang pekat, osmolalitas kemih maksimal yang dicapai masih di bawah normal.

Diabetes insipidus peka vasopresin (sentral) dapat terjadi idiopatik atau sekunder terhadap hipofisektomi atau trauma atau sebab neoplastik, inflamasi, vaskuler atau infeksi. Diabetes insipidus idiopatik juga dapat diwariskan secara dominan autosomal bamun lebih sering timbul sporadik dan pada masa kanak-kanak. Pada kedua bentuk diabetes insipidus dapat ditemukan kerusakan selektif dari neurin penghasil vasopresin pada nukleus supraoptik.

Diabetes insipidus nefrogenik jarang terjadi familial dan kongenital, kondisi ini biasnaya bersifat didapat hiperkalsemia dan nefropati hipokalemik merupakan penyebab diabetes insipidus nefrogenik yang dapat dipulihkan kembali. litium karbonat, anestesi dengan metoksifluran dan demeklosiklin dapat juga menimbulkan diabetes insipidus nefrogenik.

 


=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, KLIK DETAIL DISINI!
>=====================================


This entry was posted in Diabetes Melitus and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>