Pencegahan Diabetes Mellitus

Komplikasi kronik diabetes mellitus akan terjadi jika kadar gula darah tetap tinggi dalam jangka waktu tertentu. Komplikasi ini pada dasarnya terjadi diseluruh bagian tubuh, dan dapat menimbulkan berbagai penyakit yang dapat membahayakan kesehatan.

Organ yang dapat terkena komplikasi Diabetes Mellitus adalah:

  1. Pembuluh darah jantung (penyakit jantung koroner). Bila aliran darah yang menuju jantung trejenti akan menyebabkan serangan jantung akut dan dapat mengakibatkan kematian mendadak.
  2. Pembuluh darah otak. Bila aliran darah yang menuju otak terhenti, dapat terjadi kematian sebagian jaringan otak mendadak, atau sering disebut stroke.
  3. Pembuluh darah kaki. Gejala-gejala yang sering timbulyaitu luka yang sulit sembuh, nyeri waktu berjalan maupun istirahat, serta sembab pada kaki dan tungkai.
  4. Pembuluh darah alat kelamin. Penyempitan didaerah ini dapat mengganggu ereksi pada pria. Bila ditambah dengan adanya gangguan persyarafan alat kelamin, rangsangan erotik juga tidak akan sampai pada alat kelamin, sehingga kemampuan ereksi juga semakin berkurang (disfungsi ereksi)
  5. Pembuluh darah mata (retinopati diabetik). Kerusakan pembuluh darah kecil pada retina (saraf mata) dapat menyebabkan kebutaan
  6. Pembuluh darah ginjal (nefropati diabetik). Komplikasi diabetes mellitus dapat menyebabkan kerusakan fungsi ginjal. Bila kerusakan cukup lanjur diperlukan cuci darah atau transplantasi ginjal.
  7. Saraf (Neuropati diabetik). Gangguan pada saraf menyebabkan rasa baal, kesemutan bahkan sampai tidak dapat merasakan nyeri. Padahal rasa nyeri penting untuk menghindari luka.

Bila sudah dijumapi komplikasi diabetes, tidak ada upaya pengelolaan apapun yang memuaskan untuk mengatasinya. Yang dapat dikerjakan adalah mencegah agar komplikasi tidak berlanjut, sehingga kerusakan yang sudah terjadi tidak bertambah buruk.

Cara mencegah terjadinbya berbagai komplikasi kronik diabetes mellitus :

  1. Kendalikan kadar gula darah anda senormal mungkin dan selama mungkin
  2. Lakukan pemeriksaan dibawah ini untuk mengetahui adanya komplikasi sejak awal:
  • Pemerikasaan mata (konsultasi dengan dokter spesialis mata) setiap 6-12 bulan sekali
  • Pemeriksaan foto dada setiap 1-2 tahun sekali atau bila ¬†ada keluhan batuk lama
  • Pemeriksaan EKG/ uji latih jantung setiap tahun atau bila ada keluhan nyeri dada atau cepat lelah.
  • Pemeriksaan urin berkala untuk mendeteksi kelainan ginjal
  • Pemeriksaan kaki berkala untuk mencegah timbulnya kaki diabetik/

=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, KLIK DETAIL DISINI!
>=====================================


This entry was posted in Diabetes Melitus and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>