Komplikasi Penyakit Diabetes

Komplikasi Penyakit Diabetes – Banyak pasien yang mengeluhkan bahwa gula darahnya bagus, dan merasa sehat-sehat saja. Tapi kenapa saya masih harus minum obat dan mneyuntikan insulin? Ini merupakan diskusi yang sering terjadi antara pasien dan penderita penyakit diabetes dan dokternya. Tujuan utama untuk mengontrol kadar gula darah adalah untuk mencegah komplikasi diabetes.

Komplikasi Penyakit Diabetes

Komplikasi Penyakit Diabetes

Penyakit Diabetes

Pada tahun-tahun pertama, diabetes tidak akan menunjukkan gejala apapun etrkecuali hanya menunjukkan kadar gula yang sangat tinggi. Pada saat kadar gula sangat tinggi ini terjadi, maka pasien bisa mengalami buang air kecil terus-menerus, haus dan merasa tidak sehat. Namun pasien yang memiliki gejala diabetes ini tidak banyak. Maka sebab inilah yang menyebabkan kita menyebut penyakut diabetes sebagai ‘ Silent Killer’.

Sebagai Silent Killer, insulin dapat membunuh melalui banyak cara terutama dengan merusak berbagai organ. Kontrol gula darah yang ketat dapat mencegah atau memperlambat komplikasi yang akan melibatkan pembuluh darah yang lebih besar (makrovaskular) seperti penyakit jantung, penyakit stroke atau gangguan sirkulasi darah perifer (misal di kaki). Namun sayangnya, komplikasi penyakit diabetes terhadap organ yang disuplai oleh pembuluh darah kecil 9microvaskular), seperti mata, saraf dan ginjal akan  tetap sama. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi penderita penyakit diabetes untuk selalu dipantau kemungkinan terkenanya komplikasi ini, agar intervensi bisa di lakukan untuk mencegah kerusakan yang fatal.

Komplikasi Penyakit Diabetes

Mata (diabetic retinopathy)

Setiap penderita penyakit diabetes harus diperiksa oleh dokter mata setahun sekali untuk melihat perkembangan dari komplikasi ini. Begi penderita penyakit Diabetes Mellitus tipe 2, pemeriksaan mata harus di lakukan segera setelah di diagnosis. Alasannya adalah karena penderita tidak tahu kapan sang pasien mulai menderita diabetes, karena timbulnya sering tanpa gejala. Dokter mata akan sanagt perlu memberikan obat tetes mata yang akan melebarkan pupil mata, sehingga ia akan dapat memeriksakan pembuluh darah retina (yang terletak di bagian belakang mata) dengan menggunakan alat opthalmoskop. Bila ditemukan ke lainnya, maka tindakan yang dapat di lakukamn adalah penyinaran atau fotokoagulasi untuk mencegah kebutaan.

Ginjal (diabetic nephropathy)

Setiap penderita penyakit diabetes harus diperiksa urinenya untuk kadar protein atau mikro-albumin, biasanya sekitar 6 bulan sampai 12 bulan sekali. Pada ginjal yang normal, maka protein segarusnya dapat difilter dengan baik oleh ginjal, karena molekul protein  ini besar. Bila ditemukan sedikit protein (mikro-albumin) pada pemeriksaan urine, maka ini tandanya ginjal anda mulai rusak. Bila tidak di kontrol, bocornya ginjal ini akan mempercepat gagal ginjal, dan akan berakibat pasien harus menggunakan mesin cuci darah. Berdasarkan penelitian, penggunaan obat golongan angiotensin converting blocker (ARBs) yang umum digunakan sebagai obat darah tinggi, dapat mencegah dan mengurangi perkembangan dari bocornya protein ini. Oleh sebab itu, setiap pasien yang ada darah tinggi atau terdeteksi adanya protein di urine, harus meminum obat golongan ini

Saraf  (diabetic neuropathy)

Seperti pada kasus-kasus sebelumnya, penderita penyakit diabetes akan menderita kerusakan sarf tepi, terutama saraf yang bertanggung jawab untuk menerima sensor dari luar (Sensoris). Pada keadaan yang parah, pasien tidak lagi dapat merasakan rangsangan dari luar, sehingga mereka akan mudah menderita luka kronis. Daerah tubuh yang rawan akan luka kronis ini adalah daerah yang sering kali luput dari perhatian, seperti kaki ( karena terbungkus oleh sepatu ).

Penderita penyakit diabetes juga dapat merasakan sakit yang konstan pada daerah-daerah tangan atau kaki. Hal tersebut disebabkan karena saraf yang rusak menjadi tidak stabil ketika menerima rangsangan, baik itu dari otak ataupun dari luar. Jadi, jika ada penderita penyakit diabetes ini mengeluhkan rasa nyeri, rasa seperti disetrum listrik, ngilu, dan sebagainya, ini merupakan tanda dari neuropathy. Beberapa obat mungkin dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat neuropathy, misanya gabapetin.

Komplikasi Penyakit Jantung Pembuluh Darah Besar

Penyakit Jantung

Di dalam dunia kedoteran dikenal dengan coronary disease equivalent, atau lebih dikenal dengan resiko yang sama bahayanya dengan penyakit kantung koroner. Diabetes adalah salah satunya, ketika mobil saya rusak dan harus turun mesin, biaya dan keadaannya tidak seperti hal terparah yang bisa terjadi pada sebuah mobil. Tidak hanya onngkosnya yang mahal, namun mobil juga tidak dapat berjalan sebagaimana fungsinya. Karena menyandang status ini, penderita penyakit diabetes akan mengalami perlakuan yang lebih istimewa di bandingkan dengan orang lain

  • Kadar kolesterol :kadar LDL harus di bawah 100mg/dL.
  • Tekanan darah tinggi : tekanan darah harus di bawah 140/90 dan obat yang diberikan harus meliputi ACE-i dan/ atau ARBs.

Di Amerika, nyeri dada merupakan salah satu penyebab tersering orang datang ke instalasi gawat darurat . Sebagai dokter, ketika menangani pasien diabetes dengan nyeri dada tidak spesifik maka dokter akan cenderung beramsumsi hal terburuk karena sering kali pasien tidak mengalami gejala khas serangan jantung konorer akibat neuropati yang diderita. Jadi kesimpulannya penyakit diabetes harus memiliki kontrol kolesterol dan tekanan darah yang optimal.

Cara Pemesanan Obat Diabetes

Obat Diabetes Tradisional, Herbal dan Alami Untuk, Membantu Pengobatan Penyakit Diabetes, Mengurangi Gejala Kencing Manis dan Membantu Menurunkan Gula Darah Tinggi

Harga Obat Diabetes

Obat Diabetes Herbal, Obat Diabetes Alami

Harga Obat Diabetes 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.145.000,-

 (Untuk Pemakaian 10-20 Hari)

Paket Hemat Obat Diabetes Tradisional dan Herbal

Paket HEMAT Setiap Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

Cara Pemesanan Cepat Obat Diabetes:

SMS ke 0818-0773-0772 , tuliskan : Pesan Diabsulin Obat Diabetes, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Berapa Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa


=====================================

>>> Obat Diabetes Untuk Membantu Mengurangi Gejala Kencing Manis, Membantu Mengobati Penyakit Diabetes, Membantu Menurunkan Gula Darah Tinggi, KLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Diabetes and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.