Diet Pengidap Diabetes

Makanan bagi penderita diabetes harus tinggi serat serta rendah lemak dan protein. Buah-buahan dan sayuran kaya akan mineral, vitamin dan antioksidan. Salad dapat dikonsumsi secara bebas oleh para pengidap diabetes, tetapi dengan menggunakan minyak yang terbatas.

Seorang pengidap diabetes harus menyantap tiga sajian utama dalam sehari dan makanan selingan yang bebas gula dua kali sehari. Makanan yang terdiri dari karbohidratkompleks tinggi serat dianjurkan bagi penderita diabetes. Karbohidrat kompleks, atau dikenal sebagai zat tepung diserap oleh tubuh secara perlahan, dan karenanya menyebabkan kadar gula darah cukup stabil. Contohnya berbagai produk yang menggunakan serealia utuh, seperti gandum, beras merah, kacang-kacangan, gandum, sayuran, dan buah-buahan.

  • Untuk meningkatkan asupan serat anda, seral sarapan yang tinggi serat (tanpa gula) dapat dikonsumsi.
  • Makanlah lebih banyak sayuran. Tingkatkan jumlah kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian lain dalam makanan harian anda.
  • Makanlah sedikit-sedikit saja. Jika anda mengalami kelebihan berat badan, cobalah kurangi kalori yang anda konsumsi dalam sehari.

Olahraga

  • Ujilah kadar gula darah anda sebelum berolahraga
  • Jika kadar gula darah anda tidak terlalu tinggi, konsumsilaj sedikit makanan ringan, 15-20 menit sebelum berolahraga.
  • Jangan suntikkan insulin pada bgain tubuyh anda yang akan digunakan untuk berolahraga. Insulin akan diserap lebih cepat dari sana.
  • Ketika berolahraga, waspadalah terhadap tanda-tanda hipoglikemia.

Manfaat olahraga bagi  pengidap diabetes

  • Lebih sedikit batasan pada diet : olahraga akan membakar kalori anda. Dengan demikian, anda bisa makan lebih leluasa sambil tetap mempertahankan kadar gula dan berat badan. Anda pada level yang sehat.
  • Lebih sedikit insulin yang dibutuhkan: olahraga mmebantu meningkatkan kepekaan tubuh terhadap insuloin dan membakar glukosa secara lebih efisien.

Obat-obatan

Setelah mendapatkan lapran gula darah anda, berkonsultasilah dengan dokter anda untuk mendapatkan jenis pengobatan yang anda butuhkan. Pengidap diabetes tipe I dan tipe II membutuhkan jenis pengobatan yang berbeda. Lagipula sejumlah faktor, seperti apakah anda kekgemukan atau terlalu kurus atau memiliki masalah kesehatan lain disamping diabetes, akan menentukan dosisi dan kelompok obat yang harus diminum.

Luka dan perawatan kaki 

  • Luka-luka lecil, luka irisan, atau infeksi harus segera dirawat. Perawatan kaki sangatlah penting. Setelah mandi dengan air suam-suam kuku, keringkan kaki anda secara seksama dengan handuk bersih terutama bagian sela-sela jari kaki.
  • Periksalah kaki anda secara teratur untuk melihat apakah ada luka irisan memar, atau kulit yang pecah-pecah manakala musim dingin. Segeralah mencegah infeksi dengan mengoleskan krim ¬†antiseptik. Berkonsultasilah dengan dokter apabila terjadi infeksi yang tidak kunjung sembuh.

 


=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, KLIK DETAIL DISINI!
>=====================================


This entry was posted in Diabetes Melitus and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>