Diabetes Pada Kehamilan

Dulu wanita yang menderita diabetes dianjurkan untuk tidak hamil karena takut terjadi komplikasi pada ibu dan anak. Dengan adanya pengobatan dan kotnrol diabetes yang semakin baik kini kehamilan bagi seorang penderita diabetes sudah bukan masalah lagi.

Wanita yang menderita diabetes dan mengalami kehamilan dapat dibagi dalam dua kelompok. Yang pertama adalah yang sudah mengidap diabetes (tipe 1 atau tipe 2) sebelum hamil. Yang kedua adalah bahwa diabetes timbul pada saat hamil, biasanya pada trisemester (tiga bulan) kedua atau ketiga, atau disebut Diabetes Gestasi atau Festasional Diabetes, yang mana glukosa darah akan menjadi normal setelah melahirkan.

Karena glukosa darah yang tinggi membahayakan janin dalam kandungan, wanita penderita diabetes yang hamil harus bekerja sama dengan dokter atau tuim medis. Kontrol glukosa yang lebih baik akan mengurangi resiko pada ibu maupun janin.

Makin baik kontrol glukosa darah, makin sedikit kemungkinan komplikasi yang terjadi pada bayi yang lahir. Pada 8 minggu pertama kehamilan, terjadi pembentukan organ tubuh janin, seperti jantung, paru-paru, ginjal dan otak. Glukosa darah yang tinggi dapat menimbulkan cacat pada janin. Pada kehamilan yang sudah lebih dari 3 bulan, glukosa darah yang tinggi dapat mengakibatkan persalinan prematur atau kematian janin di dalam kandungan. Selain itu, diabetes yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan large baby atau bayi yang besar, paru-paru bayi tidak sempurna waktu lahir, atau hipoglikemia pada bayi waktu persalinan. Semua ini menyulitkan persalinan dan mebuat bayi harus dirawat lama di rumah sakit bahkan bisa menyebabkan kematian bayi.


=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, KLIK DETAIL DISINI!
>=====================================


This entry was posted in Diabetes Melitus and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>